Rabu, 08 Juni 2016

peran dan fungsi bidan sebagai pendidik



  • ·         Peran

Tingkah laku yang diharapkan oleh orang lain terhadap seseorang sesuai dengan kedudukkan dalam suatu sistem.
Pendidik : ibu, keluarga, masyarakat/formal

  • ·         Fungsi dan tugas tidak lepas dari peranan

1.       Fungsi:  pekerjaan yang harus dilakukan sesuai dengan peranannya.
2.       Tugas:  kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan untuk memenuhi fungsinya, tugas adalah perincian dari fungsi (yang harus dilakukan sehubungan dengan hak wewenang &tanggungjawab).

  • ·         Fungsi bidan sebagai pendidik.

Pendidik dalam asuhan/pelayanan kebidanan
1.       Melaksanakan bimbingan/ penyuluhan pada wanita dalam masa pra perkawinan, ibu dan akseptor KB.
2.       Melatih dan membina tenaga kesehatan, kader dan dukun bayi dalam pelayanan KIA/KB.
peran bidan sebagai pendidik

memberikanan pendidikkan pada individu, keluarga & masyarakat dalam masa prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, masa laktasi, KB, pertumbuhan / perkembangan bayi/ anak,gizi, pemiliharaan kesehatan & masalah kesehatan masyarakat.
Fungsi
  •   Memberikan pendidikkan dan penyuluhan kesehatan pada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat tentang penenggulangan masalah kesehatan khususnya yang berhubungan dengan pihak terkait kesehatan ibu, anak dan keluarga berencana (KB).
  •   Melatih dan membimbing kader termasuk siswa bidan dan keperawatan serta membina dukun di wilayah atau tempat kerjanya
                                                                               













Keberadaan bidan di indonesia sangat diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan ibu dan janinnya. Bidan adalah orang pertama yang melakukan penyelamatan kelahiran sehingga ibu dan bayinya lahir dengan selamat. Tugas yang dilakukan oleh bidan, berguna untuk kesejahteraan manusia.
Pelayanan kebidanan adalah pelayan yang profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, yang diberikan kepada ibu dalam kurun waktu masa reproduksi dan bayi beru lahir.